Mandiri Global Trade Kini Permudah Arus Kas Bagi Importir

sempatinbaca.com – Hai sobat sempatin baca, balik lagi bareng mimin yang kali ini ingin memberikan informasi mengenai Mandiri Global Trade Kini Permudah Arus Kas Bagi Importir, Meski pandemi Covid-19 belum usai, beban aktivitas ekonomi semakin terasa. Arus Kas Bagi Importir

Pembatasan pergerakan orang secara bertahap dilonggarkan dan cakupan vaksinasi semakin membaik, berkontribusi pada proses pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu indikator yang mencerminkan tren pemulihan ekonomi adalah Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Indonesia yang berada pada level ekspansi sejak September 2021. PMI manufaktur Indonesia berada di 51,3 pada Juli 2022, naik dari 50,2 pada bulan sebelumnya.

Seiring dengan pulihnya aktivitas industri dalam negeri, kinerja impor juga meningkat. Nilai impor Indonesia mencapai US$21 miliar pada Juni 2022, meningkat 12,87% dibandingkan Mei 2022. Secara tahunan (YoY/Tahun), nilai impor Juni 2022 meningkat 21,89% dibandingkan Juni 2021.

Mandiri Global Trade Kini Permudah Arus Kas Bagi Importir

Arus Kas Bagi Importir Kini di Permudah Karena Adanya Pengawasan Mandiri Global Trade

Kuatnya permintaan konsumen domestik telah meningkatkan kebutuhan bahan baku dan barang modal di sektor manufaktur. Jika bahan baku tersebut tidak dapat diproduksi di dalam negeri, perusahaan manufaktur juga harus mengimpornya.

Dengan kata lain, perusahaan harus dapat menjalin hubungan kerja yang baik dengan pemasok di luar negeri untuk menjaga pasokan bahan baku. Di sisi lain, atmosfer eksternal yang berbeda menimbulkan tantangan bagi perusahaan dengan banyak suku cadang impor dalam rantai bisnis mereka.

Situasi geopolitik antara Rusia dan Ukraina belum mencapai titik temu yang berdampak pada harga minyak dunia. Beberapa kali kenaikan suku bunga The Fed berdampak pada pelemahan rupiah.

Baca Juga

The Amazing Competitor in 2022 Galaxy s22 ultra vs Iphone 13 pro max in 2022
ShopeePay bekerja sama dengan Bluebird “Bird Kirim”

Dengan naiknya harga minyak dunia, begitu pula harga bahan baku impor. Di sisi lain, depresiasi rupiah dapat menyebabkan peningkatan biaya impor yang signifikan karena perbedaan nilai tukar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan perlu menerapkan beberapa strategi, antara lain mempertahankan modal kerja, meningkatkan efisiensi proses produksi, dan pengeluaran untuk menjaga arus kas tetap sehat.

Importir membutuhkan likuiditas yang kuat untuk memfasilitasi pembayaran barang dari pemasok luar negeri. Ketersediaan modal kerja juga memberikan kebebasan lebih kepada importir untuk menegosiasikan syarat pembayaran dengan pemasok bahan baku. Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan pemasok kita dalam jangka panjang.

Importir dapat menggunakan jasa perbankan untuk mengurangi risiko dalam kegiatan impornya dan menjaga likuiditas perusahaannya. Misalnya, layanan impor Bank Mandiri kini tersedia dalam bentuk layanan digital banking yang dapat diakses melalui fitur Mandiri Global Trade portal Kopra by Mandiri.

Layanan keuangan impor yang dapat diakses secara online melalui Mandiri Global Trade meliputi trust receipt. Ini adalah pembiayaan pasca pengapalan dari pemasok yang membantu importir menunda pembayaran Letter of Credit (L/C) dan pengumpulan dokumen.

Ada juga layanan penangguhan pembayaran yang memungkinkan importir untuk menunda pembayaran kewajiban faktur yang belum dibayar. Layanan digital import banking Bank Mandiri selain untuk mengatasi pembelian barang impor membuat importir lebih aman dalam membeli barang karena pembayaran dilakukan setelah barang sampai di pelabuhan atau saat dokumen sudah sesuai, kami juga mendukung penerbitan L/ C untuk memungkinkan, Persyaratan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan import Bank Mandiri, dapat menghubungi Call Center Kopra di 1500150 atau [email protected].

Kesimpulan

Salah satu indikator yang mencerminkan tren pemulihan ekonomi adalah Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Indonesia yang berada pada level ekspansi sejak September 2021. Jika bahan baku tersebut tidak dapat diproduksi di dalam negeri, perusahaan manufaktur juga harus mengimpornya. Dengan kata lain, perusahaan harus dapat menjalin hubungan kerja yang baik dengan pemasok di luar negeri untuk menjaga pasokan bahan baku. Untuk mengantisipasi hal tersebut, perusahaan perlu menerapkan beberapa strategi, antara lain mempertahankan modal kerja, meningkatkan efisiensi proses produksi, dan pengeluaran untuk menjaga arus kas tetap sehat.

Penutup

Demikian yang dapat admin sampaikan mengeni Mandiri Global Trade Kini Permudah Arus Kas Bagi Importir, semoga artikel ini mengurangi rasa penasaran para pembaca sekalian, jangan lupa di share dan di beri komentar di bawah.

Terima Kasih

BACA JUGA :

Gallery for Mandiri Global Trade Kini Permudah Arus Kas Bagi Importir

Leave a Reply

Your email address will not be published.