Jenis – Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya

sempatinbaca.com – Hai sobat sempatin baca, balik lagi bareng mimin yang kali ini ingin memberikan informasi mengenai Jenis – Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya, Kendaraan listrik mulai menjadi pilihan bagi mereka yang mencari kendaraan ramah lingkungan.

Melonjaknya harga BBM di Indonesia juga menjadi salah satu faktor pendorong minat masyarakat terhadap kendaraan listrik. Berbagai produsen mobil kini berlomba untuk mengungkap inovasi kendaraan listrik terbaru mereka.

Dukungan negara untuk mobil ramah lingkungan juga berkontribusi dalam hal ini. Banyak juga keuntungan yang bisa dinikmati pemilik EV, seperti penerapan insentif pajak EV yang terbebas dari aturan ganjil genap. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membeli kendaraan listrik, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis kendaraan listrik.

Jenis-Jenis Kendaraan Listrik

Apa saja jenis kendaraan listrik yang ada? 4 Jenis kendaraan listrik Kendaraan listrik memiliki prinsip pengoperasian yang berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing.

Dari kendaraan yang prinsip fungsionalnya sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik hingga kendaraan yang hanya menggunakan sebagian dari kapasitas elektrifikasinya. salah satu marketplace asuransi, jenis kendaraan listrik yang perlu Anda ketahui adalah:

Jenis – Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya

Jenis - Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya
  1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Jenis kendaraan listrik Battery Electric Vehicle (BEV) adalah kendaraan yang menggunakan sepenuhnya listrik sebagai sumber tenaganya. Jenis kendaraan listrik ini tidak memiliki sistem pembakaran maupun motor traksi. Energi penggerak disimpan dalam baterai, yang dapat diisi dengan menghubungkan ke saluran listrik eksternal. Kendaraan listrik yang dilengkapi dengan teknologi BEV memiliki keunggulan dapat menyimpan listrik pada saat pengereman dan deselerasi dengan menggunakan komponen listrik yang berperan sebagai generator. Generator ini menghasilkan listrik dan menyimpannya dalam baterai. Dibandingkan kendaraan listrik dengan teknologi HEV dan PHEV, kendaraan listrik dengan teknologi BEV lebih hemat dan irit.
Hyundai Ioniq, Nissan Leaf dan Wuling Air EV adalah contoh kendaraan yang menggunakan teknologi BEV.

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Jenis kendaraan listrik Hybrid Electric Vehicle (HEV) adalah kendaraan yang biasa dikenal dengan kendaraan hybrid. Jenis HEV ini termasuk dalam kendaraan listrik yang mengandalkan tenaga listrik sebagian atau sebagian. Dilengkapi dengan teknologi HEV, mobil ini menggabungkan dua sistem penggerak yang berasal dari baterai dan minyak tanah. HEV tidak memiliki port pengisian daya, sehingga baterai tidak dapat diisi daya secara eksternal. Namun, motor listrik bertindak sebagai generator dan energi listrik disimpan di baterai sehingga dapat diisi ulang saat kendaraan direm. Mobil hybrid dapat menggunakan bahan bakar dua kali lebih banyak daripada mobil konvensional.

Jenis mobil HEV adalah Honda Civic Hybrid, Toyota Prius Hybrid dan Toyota Camry Hybrid.

Baca Juga

Astra Honda Motor (AHM) Resmi Merilis New CBR250RR
Bocoran Spesifikasi dan harga ASUS ROG Phone 6 yang akan Segera Hadir di Indonesia

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Jenis Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) ini juga termasuk dalam kendaraan yang sebagian mengandalkan listrik selain bahan bakar. Sebuah mobil dengan teknologi PHEV berjalan dengan listrik dan bahan bakar secara bersamaan. Baterai mobil PHEV dapat diisi daya secara eksternal atau menggunakan gerakan saat mengerem. Karena kombinasi tenaga dan bahan bakar, kendaraan PHEV dianggap hemat bahan bakar.

Model PHEV termasuk Mitsubishi Outlander PHEV, BMW i8, dan Toyota C-HR.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Jenis fuel cell electric vehicle (FCEV) atau kendaraan tanpa emisi ini memanfaatkan sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik. Jenis kendaraan listrik ini memang belum populer di Indonesia. Prinsip fungsional FCEV tidak jauh berbeda dengan tipe BEV. Namun, FCEV memiliki sistem yang mengubah energi kimia dari sel bahan bakar. Oleh karena itu, jenis mobil ini menghasilkan listriknya sendiri untuk menggerakkan kendaraan.

Jenis kendaraan FCEV adalah Toyota Mirai, Hyundai Tucson FCEV dan Honda Clarity Fuel Cell.

Penutup

Demikian yang dapat admin sampaikan mengeni Jenis – Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya, semoga artikel ini mengurangi rasa penasaran para pembaca sekalian, jangan lupa di share dan di beri komentar di bawah.

Terima Kasih

BACA JUGA :

Gallery for Jenis – Jenis Mobil Listrik yang Harus di Ketahui Sebelum Membelinya

Leave a Reply

Your email address will not be published.